Gol Perdana Asnawi Mangkualam Bantu Ansan Greeners Raih Kemenangan

By ommed


nusakini.com - Penggawa timnas Indonesia Asnawi Mangkualam Bahar harus menunggu hingga satu setengah musim untuk mencetak gol perdananya bagi Ansan Greeners. Gol Asnawi turut membantu Ansan memetik kemenangan 3-1 atas Gimpo Citizen dalam lanjutan K League 2 di Stadion Ansan Wa, Sabtu (23/7) malam WIB.

Gol ini seakan membuktikan kebijakan pelatih Ansan sebelumnya, Cho Min-kook, sebagai sebuah kesalahan yang membuat Asnawi lebih sering duduk di bangku cadangan, maupun masuk sebagai pemain penggganti.

Namun di bawah asuhan pelatih karteker, Lim Jong-heon, Asnawi mendapatkan kesempatan bermain sebagai starter lebih banyak. Jong-heon lebih memilih Asnawi sebagai fullback kanan dan sayap kanan.

Jong-heon menerapkan skema 3-4-3 di pertandingan ini. Asnawi ditempatkan sebagai sayap kanan, sementara Lee Jun-hee di sisi kiri untuk membantu tiga penyerang Thiago Henrique, Kim Bo-seop, dan Robson Duarte.

Dalam pertandingan yang berlangsung di bawah guyuran hujan, Ansan dan Gimpo tetap memperlihatkan permainan dengan tempo cepat. Pada menit ke-13, Ansan sempat menjebol gawang Gimpo, namun dianulir wasit, karena Duarte dianggap dalam posisi off-side.

Keasyikan menyerang, gawang Ansan justru kebobolan lebih dulu melalui serangan balik. Umpan Na Sung-eum memberikan umpan matang kepada Yun Min-Ho untuk menaklukkan kiper Lee Seung-Bin. Skor ini bertahan hingga babak pertama usai.

Ansan yang berusaha menyamakan kedudukan meningkatkan tempo permainan demi mengejar ketertinggalan. Upaya itu membuahkan hasil di menit ke-47 melalui Song Jin-kyu yang menyambut umpan Choi Geon-joo.

Gol ini makin melecut motivasi pemain tuan rumah. Hasilnya, Ansan mampu membalikkan keadaan pada menit ke-56 melalui tendangan Geon-joo dari jarak dekat. Ansan pun memimpin 2-1.

Dua menit menjelang pertandingan berakhir, Asnawi akhirnya mencetak gol perdananya untuk Ansan setelah ia menuntaskan umpan Kim Kyung-jun. Tendangan keras Asnawi dari luar kotak penalti gagal dibendung kiper Lee Sang-Wook dengan baik.

Hasil itu membuat Ansan meraih dua kemenangan secara berturut-turut setelah di empat laga sebelumnya menelan kekalahan. Kemenangan tersebut menempatkan Ansan di peringkat sembilan klasemen sementara dengan 23 poin. (gi/om)